Kamis, 12 April 2018

Stalking Blog Mommy Ketje Dian Fajar

Membuat sebuah review, haruslah dengan kalimat ilmiah, karena…

“Ayaaa.  I’m coming!”

“Iya, Cin. Nggak perlu juga lo teriak buang tenaga gituh! Kenapa? Udah baikan? Eh ya, sebelum lo mulai, gue minta maaf nggak bisa dengerin curhatan lo kali ini! So, I’m so sorry, okay!”

“Ya elah, tau kok! Lo kan beberapa bulan ini, jadi orang yang sok sibuk banget gituh! Kenapa? Udah mulai konsisten nulisnya?! Wuah … iya, baru sadar cinta udah lama gak muncul ya?! Hihihi… ada yang kangen ternyata!”

“Aduh, siapa juga yang kangen, udah ah, mau lanjut nulis tugas dulu nih!”

“Tugas? Tugas apaan? Sekolah udah tamat belasan tahun lalu, kuliah juga udah tamat sekitar tujuh tahun yang lalu, tugas kantor? Terlalu rajin deh lo! Eh, tapi kan mana ada kerjaan yang bisa dibawa pulang, segala dokumen rahasia itu, nggak mungkinlah lo bawa!”

“Iya, bukan! Ini tuh tugas dari komunitas menulis online (One Day One Post) yang gue ikutin, setelah lulus kelas pra-ODOP trus lanjut masuk kelas fiksi, gue juga ikutan kelas RC-ODOP’3 (Reading Callenges ODOP). Nah, di kelas ini tuh, kita nggak cuma diwajibkan untuk baca trus laporan, tapi juga ada tugas yang harus diselesaikan sebagai syarat kelulusan tingkatnya. Seperti halnya tingkat pertama kemarin, yang ikut kelas RCO diwajibkan nulis di blognya tentang alasan mengikuti Reading Challenges ODOP’3, ada sekitar 23 insan literasi yang belum lulus tingkat pertama itu, rata-rata mengundurkan diri karena kesibukan masing-masing. Sisanya sebanyak 41 jiwa penulis bertahan dan mendapatkan kejutan yang luar biasa dari duo PJ ketje RCO, Cak Lutfi dan Kak Sovia.

”Sebelumnya di tingkat pertama, selama Sembilan hari kita diwajibkan membaca minimal dua buku genre bebas, jumlah bacaan minimal tiga puluh halaman sehari. Makin naik tingkat, makin tinggi challenges-nya, pada tingkat kedua ini, jiwa-jiwa yang masih bertahan itu, selama Sembilan hari mulai tanggal 11 sampai 19 April 2018 diwajibkan baca minimal dua buku fiksi setebal 200 halaman minimalnya, dengan ketentuan baca 40 halaman sehari itu juga minimal. Untuk tugasnya, kali ini peserta RC-ODOP’3 diwajibkan menuliskan cerita imajinatif mereka tentang salah satu tokoh fiksi dari buku yang dibaca jika tokoh itu ada disekitar mereka. Tidak hanya itu saja, pada tingkat ini juga ada tugas bonus yaitu mereview blog salah satu teman sekelompok, kelompoknya dibagi oleh penanggung jawab RC-ODOP’3. Nah, itulah…”

Stop! Ngapain juga lo beberin panjang kali lebar tentang hal yang sama sekali blank buat gue, Ayaaa! Orang cuma nanya tugas apa, eh, dia malah ngedongeng!”

“Hahaha… Iya, iya, sorry, gue kan emang mau ngebahas tugas yang akan ditulis kali ini, cuma lo aja yang motong, jadi ya…”

“Eh, tunggu! Sejak kapan juga kita jadi sok gaul gini? Biasa juga saling manggil nama?”

“Lah, dia baru nyadar! Nggak papalah sesekali kelihatan kece gitu?! Udah ya, sono gih, aya mau lanjut nulis cin, kalau diajakin ngomong terus gini, kapan kelarnya?! Lagian nih tugas review blog besok subuh terakhir ngirim link-nya!”

“Oh, nulis review blog? Aya masuk kelompok mana? Blog siapa yang direview?”

Allahu, aya masuk kelompok F, di sini tuh ada KaRen, Mbak Kifa, Mas Tristianto, Bunda Dian, Kak Antika, dan Kak Akew. Sesuai kesepakatan kita dalam kelompok, Aya kebagian ngereview blognya Ummi dari tiga pangeran cilik (Bunda Dian), nih blognya!"




“Wow, kok mirip blogmu Ay? Cantik ya? Penyuka warna hijau, wuah, same with you Ay! Menulis adalah caraku untuk menyapa dunia. Keren ih motonya, suka deh! Dunia Dian, karya quillingku, sajakku, tugas IIP, dan pernak-pernik tentang duniaku… Hmmmm, anak fiksi juga Ay? IIP juga? Mom super nih!”

Allahu, nih anak yo, kalau gini kapan ngereviewnya? Hah! Daebak!

Categories? Oh maksudnya label ya. Hmmm, be creative, cerbung, cerpen, fable, fiksi, IIP, I love math, Kuliah Bunsay, Mah around Us, Math arounds Us, Quilling paper, resume, senja, tantangan 9. Jumlah postingannya ada 74 Ay, suhoi… Ngebaca label blognya, kayaknya full hikmah nih Ay, cinta boleh kepoin bentar ya!”

Ya ampun, didiemin malah makin ngelunjak! Huah, speechless!

“Eh, Ay, ini kok kayaknya ada yang aneh deh! Hmmm, time blognya nih, sepertinya pengaturan waktu nggak diotomatiskan ke waktu Indonesia nih. Juga, ada kolom nganggur deh, apa sih tuh? Blogroll, about. Ah, mungkin kelupaan aja kali ya, karena kan kalau lewat gawai buka blognya nggak keliatan juga. Oh iya, poin plus lagi tuh, setidaknya penampilan mobile blognya diatur dengan baik, jadi yang baca lewat handphone asyik aja gituh. 



"Oh ya, satu lagi, fasilitas untuk mengikuti blog nggak di-setting ya, apa mungkin dicukupkan dengan google plus-nya aja kali ya, kan tiap orang beda seleranya, lagian nggak terlalu ngaruh juga ya?! Apalagi kalau banyak yang blogwalking dengan gawai mereka, pastinya nggak ngeliat tampilan itulah ya, karena emang nggak ada settingan-nya. Lo aja yang nyantumin jarang di-follow! Karena banyak yang nggak liat pasti, kecuali kalau mereka buka yang versi web-nya. Hihihi… sorry, just kidding sista!”

Aduh, kayaknya masih panjang nih! Lagian nih anak, nggak tau apa, aya kan udah ganti template blog!


“Hmmm … boleh cinta rangkum ya hasil stalking-an blognya bunda atau ummi dian nih. Blog inidian04.blogspot.com milik wanita bernama lengkap dian fajar rahmayani aprilia, ibu tiga orang anak lelaki lucu dan ngegemesin yaitu Rizwan, Uwais, dan Fatir, lahir, eh nggak usah ya, biar dilihat sendiri aja, domisili aceh (kota favorit cinta nih). Nikah tak lama setelah wisuda, mendaftar haji tahun 2008 dan akhirnya mendapatkan kesempatan menerima panggilan-Nya berangkat berdua dambaan hati tahun 2011.

"Mengikuti IIP (Institut Ibu Profesional), ah ya, catatan tuh buatmu Ay, ntar kalau udah jadi Ibu, ikut ya, manfaat banget. Bukti, blognya Ummi Fatir nih, full hikmah dan pelajaran berharga para ibu dalam mendidik anak-anaknya, menjadi ibu kreatif yang cerdas dan super sabar. Tulisan fiksinya juga keren banget, ketje, full motivasi, full ilmu, penulis terbaiklah pokoknya! Mom super, the best!”

Lah, tuh anak mau ke mana? Hah, dasar! Kebiasaan emang susah buat dihilangin ya, kalau baik sih bagus, lah ini?! Setelah sukses ngerusak review-an Aya, dia kabur. Aigooo… tau ah, capek, ngantuk! Mana belum ada baca lagi hari ini? tugas fiksi today juga belum dibuat. Ah, sudahlah. Sia-sia juga marah-marah nggak jelas, sabar Aya!


#TugasBonus
#Tingkat2
#RC-ODOP'3
#onedayonepost
#odopbatch5

4 komentar:

  1. ya Allah mba... malam-malam baca review ini... jadi ketawa-ketawa sendiri. untung ga da yang denger. tar di kira kenap-kenapa ya... hhihi
    untuk fitur di blog, jangan tanya ya mba...hii makhlum emak yang satu ini masih gaptek begituan. baru main beginian pas ikut ODOP hihihi jadi ya tahu sendirilah. postingan juga baru beberapa biji.
    btw terimakasih coletehan cintanya.
    sebenarnya apalah diriku... cuma remehan rengginang di kaleng khonghuan #eh itu kan tegline akun gosip wkwkwkw
    udah dulu deh tar kalau panjang dikira bales surat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... jangan terlalu dipikirkan ocehan si Cinta bun.
      Semangat ng-Blog😇😘

      Hapus
  2. Review yang aneh. Wkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, begitulah kalau si Cinta udah menguasai🙈

      Hapus