Minggu, 01 September 2019

Hijrahmu Untuk Apa?


Ada yang spesial di September tahun 2019 ini, utamanya bagi umat muslim. Awal September bertepatan dengan tahun baru Islam, satu muharram 1441 Hijriah. Lalu apa hubungannya dengan hijrah? Hm … kembali diingatkan bahwa muharram ialah bulan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Bicara hijrah … apa yang terlintas dalam benakmu? Menjadi pribadi yang lebih baik? Atau mungkin yang jomlo pengen hijrah status jadi menikah (kayak yang nulis nggak jomlo aja ya?) Bagi yang sudah berkeluarga yang belum punya anak ingin segera, yang sudah punya satu ingin dua, dan sebagainya (anak ya bukan pasangan!)
  
“Segala sesuatu itu bergantung pada niat.” Bila niat hijrahmu untuk Allah - akhirat-Nya. InsyaAllah Jannah-Nya hadiahmu. Bila dunia niatmu untuk berhijrah, maka apa yang kamu pintalah yang didapat. Jadi … kembali, apa niatmu hijrah di tahun ini? Sudahkah kamu membenarkan niat hijrahmu? Telahkah kamu menguatkan hatimu? Bagaimana kabar imanmu melewati tahun kemarin? Dan apa harapanmu tahun ini?

Mungkin nih, ada muslimah yang hijrah penampilan. Tadinya terbuka aurat, tahun ini ingin sekali berhijab. Tahun lalu nyamannya pakai celana, tahun ini pengen nyoba pakai rok panjang. Atau ada yang hijrah dalam ibadah. Tahun lalu salatnya masih suka males—malesan, tahun ini dicoba teratur. Tahun lalu cuma ibadah wajib aja, tahun ini inginnya yang sunnah juga dikerjakan. Ada yang gitu? Saya duluan ngacung ya!

“Hati yang tidak ada ayat-ayat al-qur’an di dalamnya, bagai rumah tanpa penghuni” diingetin lagi nih tilawahnya. Tahun lalu, tilawah sekali sepekan, atau bahkan lupa nih kapan terakhir baca qur’an? Duh, hampa tidak hatinya BroSis? Saya juga! Tahun lalu cuma hafal ayat—ayat pendek, tahun ini moga bisa mulai murajaah per-juz.

So, mengakhiri tulisan di awal tahun baru hijriah ini, doa terbaik terpanjatkan, semoga segala hijrah baikmu diterima, ke-istiqomahan tetap terjaga. Menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Iman dan Islam menjadi tumpuan, al-qur’an dan sunnah menjadi tuntunan. Rasulullah menjadi tauladan. Allah ialah tujuan.

#1Muharram1441Hijriah
#01September2019
#Hijrah

4 komentar:

  1. Alhamdulillah. makasih Kak Erlina. semangat hijrah....

    BalasHapus
  2. Awal tahun hijriyah bisa menjadi moment perubahan. Semacam muhasanah. Salut dg penulis, ia berusaha menyampaikan agar kita senantiasa bergegas untuk hijrah dari yg buruk ke yg baik.

    Keren...
    Salam kenal..

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, Mas. Semoga istiqomah tuk hijrah ke yang lebih baik.
    Salam kenal kembali mas Makruf....

    BalasHapus