Rabu, 13 November 2019

Di antara Dua Pilihan

Doc. Pribadi

Selalu ada masa ... saat di mana ... kamu harus menentukan sebuah pilihan. Di antara dua atau lebih, pilihan yang dihadirkan untukmu. Siap tak siap, kamu harus memilih. Terkadang bahkan, kamu harus merelakan satu pilihan untuk pilihan terbaik lainnya.

Tak mudah memang, merelakan sesuatu yang disukai, karena hal baru yang ternyata lebih baik untuk dipilih. Yah, itulah salah satu tugasmu di dunia. Memilih yang paling baik dari yang terbaik.

Risau, gundah, bahkan mungkin ... bisa jadi, kamu tak punya gairah menghadapi kehidupan. Kenapa? Yah itu, karena kamu dituntut untuk memilih. Apalagi bila pilihan itu, sesuatu yang akan menentukan masa depanmu.

Untuk seorang yang beriman, Allah - Sang Maha Segalanya, memberikan jalan untukmu yang resah dalam menghadapi kehidupan dunia. Apa itu? Ya, salat istikharah dan tahajud. Lewat qiyamul lail itulah kamu bermunajat di waktu fajar. Saat di mana sebagian insan terbuai mimpi. Salat, memohon ampunan, dan meminta petunjuk-Nya.

Untuk saudara non-muslim pun, demikian adanya bukan? Pergi ke gereja, kuil, vihara, dan tempat peribadatan lainnya, meminta petunjuk Tuhannya. Berharap diberikan jawaban yang layak menjadi pilihan untuk keberlangsungan hidup dunianya.

Untukmu yang meyakini adanya kehidupan kekal setelah kematian, tentu akan menentukan pilihan hidup tak hanya untuk dunia, namun, juga untuk kehidupan di akhirat kelaknya.

Itulah kenapa ... kamu perlu berkomunikasi, bermusyawarah, meminta saran, dan tentu saja terutama, dekat dengan-Nya. Semoga kelaknya, kamu takkan lagi galau bila harus dihadapkan pada berbagai pilihan yang menuntutmu untuk memilih.

4 komentar:

  1. wah, dapet wejangan sebelum memilih kelas baru nih. hehe

    aku teringat pada waktu dimana aku masih duduk dibangku sekolah. ada pelajaran ekonomi yang sama-sama berada didalam dua pilihan. namanya Opportunity Cost. bedanya kalau Opportunity Cost kasusnya bisa dihitung dengan kalkulator.

    BalasHapus
  2. Wejangan buat diri sih, karena selalu sulit bila dihadapakan pada dua pilihan atau lebih😁

    BalasHapus